Sebuah Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas Bahasa Inggris Menggunakan Model Pembelajaran CLIL
Apa itu "WORTEL"?
"WORTEL" adalah sebuah inovasi dalam pengembangan model pembelajaran di mata pelajaran Bahasa Inggris yang merupakan akronim untuk Working and Telling.
Apa masalahnya?
Pada pertemuan awal di kelas saya, mata pelajaran Bahasa Inggris kurang diminati oleh siswa. Hal itu bisa dilihat dari keaktifan belajar di dalam kelas dan hasil belajar mereka, sangat berbeda dengan saat mereka belajar di mata pelajaran produktif, di mana mereka menaruh minat belajar yang lebih besar di sana.
Mengapa hal itu terjadi?
Hal ini terjadi karena pembelajaran Bahasa Inggris tidak dihubungkan atau diintegrasikan dengan mata pelajaran produktif sesuai dengan peminatan mereka.
Bagaimana solusinya?
Mereka membutuhkan pembelajaran Bahasa Inggris yang terintegrasi dengan mata pelajaran produktif sesuai minat mereka, sehingga mereka tidak merasa 'dipaksa' untuk belajar Bahasa Inggris. Siswa akan lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris saat mereka mempelajarinya melalui topik atau konten (isi) yang mereka minati sehingga guru dapat mengajak siswa untuk mampu melihat bahwa konten (topik yang diminati) sama pentingnya dengan bagaimana hal itu disampaikan (bahasa).
Mengapa WORTEL?
Di sinilah dibutuhkan sebuah inovasi pembelajaran yaitu WORTEL (Working and Telling) di mana siswa 'bekerja' saat mengikuti pembelajaran di kelas produktif, kemudian menceritakannya di kelas Bahasa Inggris menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini sesuai dengan metode pembelajaran CLIL (Content-Language Integrated Learning), yang merupakan paradigma dari CLT (Communicative Language Teaching), yaitu situasi di mana siswa belajar bahasa (dalam hal ini Bahasa Inggris) melalui konten yang mereka minati (dalam hal ini mata pelajaran produktif).
Bagaimana implementasinya?
Sebelum melakukan implementasi, diperlukan perencanaan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dapat dilihat da diunduh di sini.
Berikut ini adalah cuplikan dari pelaksanaan pembelajaran di kelas.
No comments:
Post a Comment