Tuesday, January 18, 2022

Pembentukan Keyakinan Kelas

Di awal tahun 2022 ini saya mengajak siswa saya untuk membentuk Keyakinan Kelas secara bersama-sama. Saya merangkum proses pembentukan Keyakinan Kelas tersebut di dalam tulisan blog ini.

Kegiatan Pembentukan Keyakinan Kelas

Yang kami lakukan pertama sekali adalah bercurah pendapat tentang peraturan yang perlu disepakati di kelas.







Kemudian, guru mencatat semua masukan di papan tulis, di mana semua anggota kelas bisa melihat hasil curah pendapat.






Selanjutnya, keyakinan kelas disusun sesuai prosedur ‘Pembentukan Keyakinan Kelas’ dan mengganti kalimat-kalimat dalam bentuk negatif menjadi positif.

Kemudian, daftar curah pendapat yang sudah dicatat itu ditinjau kembali. Pernyataan yang tertulis di papan tulis masih banyak yang berupa peraturan-peraturan. Selanjutnya, para siswa diajak untuk menemukan nilai kebajikan atau keyakinan yang menjadi inti dari peraturan tersebut.  Misalnya, hadir di kelas tepat waktu bisa disarikan menjadi nilai kebajikan Menghargai Orang Lain. Keyakinan inilah yang dijadikan daftar untuk disepakati. Kegiatan ini juga merupakan peralihan dari bentuk peraturan ke keyakinan kelas.

Selanjutnya, Keyakinan Kelas tersebut ditinjau secara bersama-sama. Setelah beberapa peraturan telah disatukan menjadi beberapa keyakinan maka jumlah butir pernyataan keyakinan menjadi berkurang. Keyakinan kelas yang disepakati bersama ada 5 (lima) prinsip/keyakinan, sehingga warga kelas akan dengan mudah mengingatnya.

Setelah keyakinan kelas selesai dibuat, maka semua warga kelas dipersilakan meninjau ulang, dan menyetujuinya dengan menandatangani keyakinan kelas tersebut, termasuk guru dan semua murid. Namun, dalam hal ini karena saya menggunakan jasa percetakan untuk mencetak poster keyakinan kelas, maka saya mengambil foto bersama saja untuk disematkan di dalam poster.

Keyakinan Kelas selanjutnya dilekatkan di dinding kelas di tempat yang mudah dilihat semua warga kelas.

Berikut ini adalah poster keyakinan kelas yang sudah terbentuk. Saya mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris di 7 (tujuh) rombongan belajar, namun karena saat ini dua kelas sedang mengikuti Program Prakerin, maka keyakinan kelas yang bisa terbentuk hanya untuk 5 kelas.








Supaya lebih rapi, saya mencetak poster Keyakinan Kelas di percetakan. Berikut ini adalah proses pencetakan poster di percetakan.


Kemudian, hasilnya ditempel di depan kelas.







Kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas

Sebelum poster di atas ditempel di depan kelas, kami juga sudah melakukan kegiatan pendalaman Keyakinan Kelas.

Kegiatan Tampak Seperti/Tidak Tampak Seperti

Anggota kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberikan kertas. Salah satu anggota kelompok membuat hurut T kapital yang besar (Tabel T). Guru memberikan salah satu ‘keyakinan kelas’ kepada setiap kelompok. Dua kelompok bisa mendapatkan keyakinan yang sama bila sebab ada 8 kelompok. Selanjutnya setiap kelompok diminta untuk bercurah pendapat tentang keyakinan tersebut, tampak seperti apa, tampak tidak seperti apa. Kemudian hasil curah pendapat setiap kelompok dipresentasikan pada kelompok besar, dan kertasnya ditempel di sekeliling dinding kelas untuk dapat dilihat setiap warga kelas agar menguatkan pemahaman.

Kegiatan Tugas/Bukan Tugas

Pada kegiata pendalaman Keyakinan Kelas ini, siswa diajak berdiskusi tentang tanggung jawab dan hak masing-masing warga kelas, yaitu apa Tugas Guru dan Bukan Tugas Guru serta Apa Tugas Murid atau Bukan Tugas Murid. Langkah yang dilakukan dalam mendiskusikan hal tersebut adalah: 

  1. Guru membuat bagan berisi 4 kotak.
  2. Masing-masing kotak diisi judul: Guru-Tugasnya..., Murid-Tugasnya..., Guru-Tugasnya Bukan.., Murid-Tugasnya Bukan...
  3. Guru bercurah pendapat dengan cara membagi murid dalam 4 atau 8 kelompok, dan setiap kelompok diberikan tugas bercurah pendapat tentang masing-masing tugas/bukan tugas guru maupun murid.
  4. Hasil dari curah pendapat Tugas Saya-Tugas Kamu ditempel di dinding kelas agar dapat dilihat seluruh warga kelas.

Kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas XII TKJ 2



Kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas XII ATPH 4


Kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas XII ATPH 3


Kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas X TKJ 2




Keyakinan kelas yang terbentuk adalah sebagai berikut:



Salam Guru Penggerak.

No comments:

Post a Comment

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 yang mengusung tema Festival Panen Hasil Belajar di Kabupaten Humbang Hasundu...