Friday, November 19, 2021

Mulai Dari Diri - Visi Guru Penggerak

Karya 1: Imajiku tentang Muridku di Masa Depan

Saya sadar jika murid-murid saya memiliki Profil Pelajar Pancasila di dalam dirinya, maka mereka akan menemukan keselamatan dan kebahagiaan yang setingi-tingginya sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat baik dalam kehidupannya sekarang maupun di masa depannya.

Maka, aku mendambakan:

Murid-muridku memiliki Profil Pelajar Pancasila tertanam di dalam dirinya. Mereka adalah murid yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, murid yang mandiri, murid yang berkebhinnekaan global, murid yang siap bergotong-royong, murid yang bernalar kritis, dan murid yang kreatif.

Untuk impianku itu, aku juga memimpikan:

Mereka selalu merasa aman, nyaman, bahagia dan merdeka, tidak ada rasa takut, stress, terintimidasi maupun terancam selama belajar. Mereka merasa bahwa merekalah pemilik dari proses pembelajaran. Mereka belajar sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Mereka akan selalu merasa kasmaran untuk bertemu dengan setiap pelajaran.

Untuk impian itu, aku juga memimpikan:

Murid-muridku akan bertemu dengan guru-guru yang menuntun mereka untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sesuai kodrat alam dan kodrat zaman mereka, guru-guru yang berpihak kepada mereka, guru-guru yang berhamba kepada mereka. Mereka akan bertemu guru-guru yang melayani murid dengan ikhlas tanpa pamrih, guru yang mengutamakan kepentingan dan kebutuhan murid. Guru yang semena-mena atau bertindak secara asal terhadap mereka, guru yang memaksakan kehendaknya kepada mereka, guru yang mengintimidasi maupun yang menelantarkan mereka tidak akan pernah ada bagi mereka.

Untuk impian itu, aku juga memimpikan:

Murid-muridku akan tumbuh dan berkembang di sekolah yang berpihak kepada mereka. Sekolah di mana mereka akan selalu merasa bahagia. Bagi mereka, sekolah adalah tempat teraman dan ternyaman kedua setelah rumahnya. Bagi mereka, sekolah adalah taman belajar dan bermain, tempat menemukan jati dirinya, menemukan masa depannya. Bagi mereka, sekolah adalah tempat nyaman untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya.

Ini adalah impian saya tentang murid saya di masa depan. Ada perasaan bahagia yang menyelimuti saat saya menggambarkan mimpi tersebut. Mimpi yang sangat luar biasa ini tentu belum terjadi saat ini, namun saya yakin, mimpi ini akan terwujud nantinya. Mimpi ini memacu saya untuk meningkatkan kualitas diri dan menguatkan kolaborasi di lingkungan sekolah tempat saya bertugas sehingga terjadi upaya perbaikan dan perubahan yang berkelanjutan.

Karya 2. Merangkai mimpi lewat kata-kata: Melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat atau satu paragraf utuh

Saya memimpikan murid-murid yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Sekolah saya percaya bahwa murid adalah pemilik proses pembelajaran, mahaguru bagi dirinya sendiri, memiliki kodrat alam yang beragam satu sama lain. Sekolah saya mengutamakan kepentingan dan kebutuhan murid. Murid di sekolah saya sadar betul bahwa guru akan selalu bersedia menuntun mereka untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setingi-tingginya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zamannya. Guru di sekolah saya yakin untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila maka diperlukan pembelajaran yang berpihak pada murid. Guru di sekolah saya paham bahwa guru adalah tukang kebun kehidupan.

Karya 3. Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat



No comments:

Post a Comment

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 yang mengusung tema Festival Panen Hasil Belajar di Kabupaten Humbang Hasundu...