Friday, September 9, 2022

Berlatih English Pronunciation Bersama Google Docs

Apa masalahnya?

Untuk mendorong partisipasi kelas, ada saatnya saya sebagai guru mengajak siswa secara bergantian untuk membaca teks. Kegiatan ini disebut dengan read-aloud activity. Di kegiatan ini, saya kerap menemui masalah di mana siswa melakukan kesalahan melafalkan kata-kata dalam Bahasa Inggris. Sehingga bukannya mampu menyimak isi teks, mereka malah kebingungan. melafalkan kata-kata yang tidak biasa bagi mereka.


Mengapa hal itu terjadi?


Hal ini terjadi karena siswa tidak familiar dengan kata-kata tersebut. Tambahan lagi, mereka enggan membuka kamus mereka untuk mengecek bagaimana sebenarnya kata itu dilafalkan. Hal ini disebabkan karena mereka merasa kurang tertantang untuk mempelajari cara melafalkan tiap kata itu dalam Bahasa Inggris.


Apa yang sudah pernah dilakukan?


Saya kerap mengajak siswa untuk melafalkan kata-kata tersebut dengan benar. Hal ini menyita banyak waktu sehingga konten pembelajaran menjadi terabaikan. Mereka juga sering lupa cara melafalkannya dengan benar selain karena banyaknya kata-kata yang tidak biasa bagi mereka, juga karena mereka kurang tertantang untuk melafalkannya.


Bagaimana solusinya?


Dibutuhkan suatu alat yang bisa digunakan siswa secara mandiri untuk membantu siswa berlatih English Pronunciation mereka yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. dengan menggunakan gadget yang sudah mereka miliki. Tidak kalah penting, alat itu juga harus mampu memberi mereka tantangan tersendiri saat menggunakannya.

Saya mencoba sebuah cara yang menarik dan bisa dikatakan merupakan hal baru bagi mereka. Saya mendorong mereka tertantang melatih English Pronunciation mereka dengan cara menggunakan alat google, yaitu "Google Docs".


Mengapa Google Docs?


Google Docs yang dilengkapi dengan fitur Voice Typing akan menantang siswa untuk melafalkan kata demi kata dalam kalimat dengan benar dalam Bahasa Inggris. Setelah fiturnya diaktifkan, alat ini akan menuliskan apa saja yang diujarkan oleh siswa. Jika pelafalannya tepat, maka alat ini akan menuliskan kata itu dengan tepat secara otomatis.

Hal ini kan membuat siswa terdorong untuk mencari tahu bagaimana suatu kata itu dilafalkan dalam Bahasa Inggris dengan tepat sembari mencobanya terus menerus.

Bagaimana implementasinya?


Kegiatan ini dilakukan di luar jam sekolah yang dihadiri oleh siswa dalam kelompok kecil.
  • Meminta siswa memilih cerita dari 20 cerita yang sudah disediakan guru dalam bentuk hardcopy.
  • Memperkenalkan Google Docs dan fitur Voice Typing dengan menggunakan laptop.
  • Meminta siswa membacakan teks dari cerita pilihan mereka tersebut dengan mengaktifkan fitur voice typing di Google Docs.
  • Meminta siswa membandingkan teks yang mereka bacakan dengan teks yang merupakan hasil dari voice typing di Google Docs.
  • Meminta siswa menyoroti kata-kata yang salah dalam pelafalannya.
  • Meminta siswa menemukan bagaimana kata itu dilafalkan dengan benar, baik dengan menggunakan kamus maupun aplikasi Google Translate.
  • Meminta siswa melatih melafalkan kata-kata itu hingga dilafalkan dengan tepat.
  • Meminta siswa membacakan kembali teks cerita tersebut menggunakan fitur voice typing di Google Docs.
  • Guru dan siswa melakukan refleksi.

 

Aksi Nyata Google by Lindon Siregar

No comments:

Post a Comment

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 yang mengusung tema Festival Panen Hasil Belajar di Kabupaten Humbang Hasundu...