MODEL 4F
Facts (Peristiwa)
Minggu ini saya belajar “Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi”. Saya mendapat pengalaman baru dalam pembelajaran minggu ini. Saya belajar membuat RPP berdiferensiasi bersama rekan CGP melalui ruang kolaborasi dan saling memberi umpan balik tentang RPP Berdiferensiasi dengan sesama CGP melalui forum diskusi di Demonstrasi Kontekstual. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi saya dalam membuat RPP Berdiferensiasi. Saya merasa kesulitan saat melakukannya untuk pertama kali. Namun melalui sesi Ruang Kolaborasi minggu ini dan forum diskusi di Demonstrasi Kontekstual, pemahaman saya semakin dikuatkan dan saya belajar banyak hal dari rekan CGP, khususnya dalam pembuatan RPP Berdiferensiasi.
Feelings (Perasaan)
Perasaan saya awalnya adalah merasa bersemangat dan rasa ingin tahu saya tentang memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi ini benar-benar luar biasa. Namun, saat menuangkannya dalam RPP Berdiferensiasi saya mengalami kesulitan dan merasa kebingungan. Sebab, pengalaman ini benar-benar baru bagi saya. Mewujudkan konsep yang sudah saya pelajari di minggu sebelumnya menjadi sebuah RPP Berdiferensiasi benar-benar suatu tantangan baru bagi saya. Syukurlah, melalui diskusi dengan rekan CGP di ruang kolaborasi dan di forum diskusi demonstrasi kontekstual, rasa bingung saya berangsur-angsur hilang dan rasa semangat saya kembali saya temukan dalam diri saya untuk memenuhi kebutuhan belajar murid melalui pembelajaran berdiferensiasi ini.
Findings (Pembelajaran)
Saya mendapat banyak pelajaran di pembelajaran ini. Saya menemukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi itu dapat diterapkan dengan berbagai strategi yaitu strategi diferensiasi konten, proses dan produk. Saya menemukan bahwa pembelajaran sudah seharusnya memenuhi kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kesiapan belajar, minat dan profil belajar mereka. Pembelajaran berdiferensiasi ini dapat dilakukan dalam cara kita mengajar dan memberi penilaian bagi murid.
Future (Penerapan)
Saya akan mulai merancang pembelajaran berdiferensiasi di kelas saya dan mengajak rekan guru untuk melakukan observasi saat saya menerapkan pembelajaran itu supaya saya mendapat umpan balik dari rekan guru dan juga sekaligus berbagi tentang pembelajaran berdiferensiasi ini dengan mereka.
No comments:
Post a Comment