Friday, December 10, 2021

Jurnal Refleksi Minggu Ke-8

Model 5R


Mendeskripsikan (Reporting): menceritakan ulang peristiwa yang terjadi

Minggu ini saya belajar materi Budaya Positif melalui LMS. Di modul ini saya belajar :

  • memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori control dan melakukan refleksi atas penerapan praktik disiplin yang dijalankan di sekolahnya.
  • memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia, serta konsep motivasi internal dan eksternal.
  • memahami pentingnya memiliki keyakinan kelas sebagai fondasi dan arah tujuan sebuah sekolah/kelas, yang akan menjadi landasan dalam memecahkan konflik atau permasalahan di dalam sebuah sekolah/kelas, yang pada akhirnya akan menciptakan budaya positif.
  • memahami bahwa setiap tindakan murid dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka yang berbeda-beda dan agar menjadi individu yang selamat dan bahagia, kebutuhan dasar harus terpenuhi secara positif.
  • memahami bahwa kebutuhan dasar dapat dipenuhi dengan cara positif atau negatif oleh karena itu peran guru adalah memberdayakan anak agar dapat memenuhi kebutuhannya secara positif.
  • melakukan refleksi atas praktik disiplin yang dijalankan selama ini dan dampaknya untuk murid-muridnya.
  • mengetahui dan menerapkan disiplin restitusi di posisi Monitor dan Manajer agar dapat menciptakan lingkungan positif, aman, dan nyaman dan dapat menghasilkan murid-murid yang lebih mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab.
  • memahami dan menerapkan restitusi melalui tahapan dalam segitiga restitusi sebagai salah satu cara menanamkan disiplin positif pada murid sebagai bagian dari budaya positif di sekolah agar menjadi murid merdeka.

Merespon (Responding)


Materi modul kali ini sangat padat. Saat melakukan eksplorasi konsep secara mandiri saya merasa kewalahan memahami seluruh isi materi. Namun dengan adanya eksplorasi konsep-forum diskusi dan ruang kolaborasi, maka saya mendapat pencerahan sehingga pemahaman saya terkait materi tersebut menjadi lebih baik.


Mengaitkan (Relating)


Setelah belajar materi budaya positif, saya menyadari ternyata banyak kekurangan yang sudah saya lakukan dalam upaya saya mendisiplinkan murid saya selama ini. Materi di modul ini cukup membantu saya untuk memahami stategi yang tepat dalam menumbuhkan budaya positif yaitu disiplin di kelas dan sekolah.


Menganalisis (Reasoning)


Sebelum mengikuti pembelajaran hari ini saya dulu percaya bahwa saya bisa mengendalikan siswa saya. Saya berusaha mendisiplinkan siswa dengan cara memaksakan kehendak saya. Ternyata itu adalah miskonsepsi. Mengapa itu bisa terjadi? Karena saya tidak mencoba berpikir secara mendalam untuk menemukan strategi yang tepat dan bahkan tidak berusaha menemukan teori terkait hal itu. Saya lebih senang menggunakan cara saya sendiri yang memang tidak berhasil sama sekali. Saya merasa saat saya mencoba mengendalikan siswa yang tercipta adalah permusuhan. Saya menjadi lelah sendiri.


Pembelajaran di modul ini cukup membuat saya memahami strategi yang tepat untuk menumbuhkan disiplin positif dalam diri siswa.


Merancang ulang (Reconstructing)


Rencana saya adalah membuat keyakinan kelas bersama siswa untuk setiap kelas saya dan menerapkan disiplin restitusi untuk menanamkan disiplin positif pada siswa.


No comments:

Post a Comment

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 yang mengusung tema Festival Panen Hasil Belajar di Kabupaten Humbang Hasundu...