"Guru Penggerak Masa Depan" merupakan tema dari Kegiatan Lokakarya Ke-1 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IV Kabupaten Humbang Hasundutan yang dilaksanakan secara tatap muka pada hari Sabtu, 20 Nopember 2021 di Hotel Grand Maju Bersama, Doloksanggul.
Agenda kegiatan Lokakarya 1 ini adalah:
- Pembukaan
- Pengembangan Diri
- Pengenalan Kompetensi Guru Penggerak
- Posisi Diri 1
- Istirahat
- Posisi Diri 2
- Pembuatan RTL Pengembangan Diri
- Penutupan
Pada kegiatan Pembuatan RTL, para Calon Guru Penggerak diminta untuk melakukan Rencana Tindak Lanjut untuk mengembangkan diri terkait kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak. Rencana Tindak Lanjut tersebut memuat kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak. Berikut ini adalah kompetensi yang harus dimiliki oleh Guru Penggerak:
Kategori: Mengembangkan diri dan orang lain
Menunjukkan praktik pengembangan diri yang didasari kesadaran dan kemampuan pribadi (self-regulated learning)
- Melakukan refleksi terhadap praktik mengajar
- Meminta umpan balik dari murid terkait praktik mengajar
- Meminta umpan balik dari rekan guru terkait praktik mengajar
- Mengevaluasi kelebihan dan kelemahan diri dalam mengajar
- Membuat rencana pengembangan diri untuk memperbaiki/menindaklanjuti umpan balik dalam praktik mengajar
Mengembangkan kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas murid (facilitating, coaching, mentoring)
- Membantu pengembangan kompetensi guru berdasarkan kebutuhan belajar yang dirumuskan dari persoalan pembelajaran yang terjadi
- Membantu memetakan persoalan pembelajaran rekan sejawat
- Menganalisis permasalahan pembelajaran rekan guru
- Membantu rekan guru mengembangkan diri
Berpartisipasi aktif dalam organisasi profesi kepemimpinan sekolah dan komunitas lain untuk pengembangan karir
- Berpartisipasi rutin dalam kegiatan-kegiatan pengembangan diri di organisasi profesi atau komunitas terkait
- Mengambil peran dalam organisasi profesi
- Berbagi praktik baik dengan rekan kerja
Menunjukkan kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
- Mampu mengelola emosi dan menjalankan perannya
- Menggunakan prinsip moral dan menunjukkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa: Beribadah secara teratur.
- Berperilaku sesuai kode etik
Kategori: Memimpin Pembelajaran
Memimpin upaya membangun lingkungan belajar yang berpusat pada murid
- Merencanakan lingkungan kelas yang merdeka belajar
- Mengatur lingkungan kelas yang merdeka belajar
- Mewujudkan lingkungan kelas yang merdeka belajar
Memimpin perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran yang berpusat pada murid
- Memandu pertemuan untuk melakukan perbaikan desain pembelajaran dan peningkatan praktik pembelajaran untuk menumbuhkan kegemaran belajar murid
- Memandu pertemuan untuk peningkatan praktik pembelajaran untuk menumbuhkan kegemaran belajar murid
Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid
- Mendorong semua guru untuk melakukan refleksi untuk perbaikan kualitas proses belajar mengajar
- Memimpin proses refleksi semua guru untuk perbaikan kualitas proses belajar-mengajar
Melibatkan orang tua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah
- Membangun komunikasi empatik terhadap orang tua untuk pelibatan orang tua sebagai pendamping belajar anak
Kategori: Memimpin Pengembangan Sekolah
Memimpin pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas sekitar sekolah
Melibatkan orang tua dan komunitas dalam pengembangan sekolah
Kategori: Memimpin Manajemen Sekolah
Memimpin upaya mewujudkan visi sekolah menjadi budaya belajar yang berpihak pada murid
- Memimpin pertemuan warga sekolah dalam menyusun visi sekolah dan program-program sekolah
Memimpin dan mengelola program sekolah yang berdampak pada murid
- Menyusun program sekolah agar berjalan sesuai rencana dan tujuan
- Memantau program sekolah agar berjalan sesuai rencana dan tujuan
Rencana Tindak Lanjut saya dalam meningkatkan kompetensi saya sebagai Guru Penggerak dapat dilihat di bawah ini atau di tautan ini.
Foto kegiatan lokakarya 1 bisa dilihat di sini.
No comments:
Post a Comment