Tuesday, November 30, 2021

Elaborasi - Kebutuhan Perubahan di Sekolah

Apa yang Anda pahami tentang paradigma inkuiri apresiatif (IA)? 

Untuk dapat mewujudkan visi sekolah dan melakukan proses perubahan, maka perlu sebuah pendekatan atau paradigma. Pendekatan ini dipakai sebagai alat untuk mencapai tujuan, yaitu visi yang sudah dibuat. Inkuiri Apresiatif (IA) dikenal sebagai pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Pendekatan IA dapat membantu membebaskan potensi inovatif dan kreativitas, serta menyatukan orang dengan cara berusaha fokus pada kekuatan yang dimiliki setiap anggota dan menyatukannya untuk menghasilkan kekuatan tertinggi. Pendekatan IA percaya setiap orang memiliki inti positif untuk berkonstribusi pada keberhasilan tujuan.

Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik apa yang telah ada di sekolah, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki, kemudian mencari cara bagaimana hal tersebut dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan ke arah lebih baik. Berpijak dari hal positif yang telah ada, sekolah kemudian menyelaraskan kekuatan tersebut dengan visi sekolah dan visi setiap warga sekolah. Jika sekolah lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, fokus pada penyelarasan kekuatannya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam sekolah tersebut dipastikan akan meningkat dan kemudian sekolah akan berkembang secara berkelanjutan.

Untuk mewujudkan perubahan sesuai dengan visi yang diimpikan, diperlukan Langkah-langkah penerapan pendekatan IA tersebut, tahapan itu disebut atau disingkat dengan BAGJA.

B = Buat Pertanyaan Utama: merumuskan pertanyaan sebagai penentu arah penelusuran terkait perubahan apa yang diinginkan atau diimpikan.

A = Ambil Pelajaran: mengumpulkan berbagai pengalaman positif yang telah dicapai di sekolah dan pelajaran apa yang dapat diambil dari hal-hal positif tersebut.

G = Gali Mimpi: menyusun narasi tentang kondisi ideal apa yang diimpikan dan diharapkan terjadi di sekolah. Disinilah visi benar-benar dirumuskan dengan jelas.

J = Jabarkan Rencana: merumuskan rencana tindakan tentang hal-hal penting apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan visi.

A = Atur Eksekusi: memutuskan langkah-langkah yang akan diambil, siapa yang akan terlibat, bagaimana strateginya, dan aksi lainnya demi mewujudkan visi perlahan-lahan.

Apa yang Anda pahami mengenai peran sebagai pendidik dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila di sekolah Anda?

Pendidik memiliki peran utama dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Profil Pelajar Pancasila itu tidak dapat diajarkan, namun diintegrasikan di dalam semua proses pembelajaran sehingga Profil Pelajar Pancasila itu tertanam di dalam diri siswa dan menjadi karakter diri siswa yang tidak terpisahkan. Gurulah yang selalu ada dalam setiap proses pembelajaran siswa, sehingga peran guru sangat penting dalam perwujudan Profil Pelajar Pancasila ini. Jika setiap pembelajaran  yang dilakukan oleh guru menuntun anak untuk beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, berkebhinnekaan global, bergotong-royong, bernalar kritis dan kreatif, niscaya perwujudan Profil Pelajar Pancasila itu dapat terjadi di sekolah.

Sebagai seorang guru yang mendidik, apa yang harus Anda lakukan berdasarkan konsep IA dan Profil Pelajar Pancasila dalam memahami murid yang Anda ajar?

Konsep IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif untuk berkontribusi dalam mencapai tujuan. Saya akan memulai penerapan Konsep IA dengan mengidentifikasi hal-hal baik yang dimiliki oleh siswa selama ini, yaitu Profil Pelajar Pancasila yang mana saja yang selama ini sudah mereka miliki. Kemudian saya akan mencari cara bagaimana hal itu dapat dipertahankan, dan memunculkan strategi untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik.

Salam Penggerak...



No comments:

Post a Comment

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4

Lokakarya 7 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 4 yang mengusung tema Festival Panen Hasil Belajar di Kabupaten Humbang Hasundu...