Refleksi Terbimbing - Presentasi Kerangka Filosofis 'Merdeka Belajar'
Apa pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapat setelah mempelajari secara mendalam pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
Pengetahuan baru yang saya dapat adalah dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara tentang Pendidikan dan pengajaran, yakni:
- menuntun, pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak
- bukan tabularasa, yaitu menebalkan laku anak dengan kekuatan konteks diri anak dan sosio-kultural
- pendidik adalah tukang kebun kehidupan, pendidik hanya bisa menuntun kekuatan kodrat anak untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan anak tersebut.
- budi pekerti, bahwa cipta, karsa, karya dan pekerti menghasilkan keselarasan hidup
- bermain adalah kodrat anak, maka permainan anak dapat menjadi bagian dari pembelajaran di sekolah
- berhamba pada sang anak, yaitu menerapkan pendidikan yang berpihak pada anak.
Setelah saya mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar
Dewantara ini, pemahaman saya tentang kodrat anak benak-benar berubah. Saya
menyadari betapa selama ini pemikiran saya tentang Pendidikan dan pengajaran
itu benar-benar kurang tepat. Setelah itu, saya menjadi paham betul tentang
pentingnya memahami kodrat anak ini dalam melaksanakan pembelajaran pada anak.
Apa kekuatan saya dalam menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?
Kekuatan yang saya miliki:
- Saya berkomitmen tinggi terhadap penerapan pengetahuan dan pengalaman baru.
- Saya penuh semangat dalam penerapan pengetahuan dan pengalaman baru
- Saya senang belajar menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini
- Saya dapat bekerja dalam tim/kelompok belajar
Apa hal-hal yang perlu saya ubah dari diri saya agar dapat menerapkan pengetahuan dan pengalaman baru ini?
Hal yang perlu saya ubah:
- Enggan berdiskusi dengan sesama CGP tentang masalah yang dihadapi dalam penerapan pengetahuan dan pengalaman baru ini
- Kurang menyediakan waktu yang cukup untuk mempelajari penerapan pengetahuan dan pengalaman baru ini secara mendalam
Apa perubahan konkret yang akan saya lakukan setelah memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara?
- Mengajak anak menentukan bersama sama tujuan pembelajaran, cara penyajian pembelajaran dan jenis penilaian
- Menyediakan ruang kolaborasi dalam pembelajaran
- Menerapkan permainan yang disenangi anak yang relevan dengan tujuan pembelajaran
No comments:
Post a Comment